Orang-orang Terkaya di Dunia dan di Indonesia taun 2009

Orang-Orang Terkaya 2009 Versi Forbes
Ditengah krisis ekonomi yang melanda Amerika dan dunia sekarang ini, menarik kita cermati hasil laporan Forbes mengenai orang-orang terkaya didunia tahun 2009. Kekayaan mereka ini merepresentasikan kinerja mereka selama tahun 2008. Orang-orang terkaya didunia ternyata tidak luput dari krisis global ini. Kekayaan mereka berkurang cukup banyak, sama seperti kita kebanyakan, ikut terimbas krisis ini. Kekayaan rata-rata para milyuner ini adalah $ 3 milyar, atau turun 23% dibandingkan tahun sebelumnya. Tercatat saat ini terdapat 793 orang milyuner, turun dari 1125 milyuner pada tahun yang lalu. Sangat sulit ditengah krisis ini untuk bertahan meskipun itu para milyuner. Hampir merata turunnya jumlah kekayaan maupun jumlah milyuner di dunia ini. India, China, Rusia, Jepang yang banyak memiliki milyuner dunia juga mengalami nasib yang sama. Milyuner yang mengalami kerugian paling besar tahun ini adala Anil Ambali, jutawan dari India. Kerugian yang ditanggung adalah $ 36 milyar, atau 76% dari total kekayaannya di tahun 2008. Anil Ambali pada tahun lalu adalah peraih keuntungan terbesar.



Setelah turun pada tahun sebelumnya, US kembali mendominasi jumlah orang-orang terkaya didunia. Jumlah uang para billionair US ini memiliki prosentase 44% dari total kekayaan milyuner dunia, atau naik 7% dari tahun 2008. Dan 45% orang yang tercatat sebagai milyuner ini adalah orang-orang terkaya di US, atau naik 3% dari tahun sebelumnya. Orang terkaya di dunia saat ini kembali dipegang Bill Gates dengan kekayaan $ 40 milyar (turun $18 milyar). Warren Buffet, legenda hidup investasi, terutama saham turun menjadi menjadi nomor 2 dengan kekayaan total $ 37 milyar (turun $ 25 milyar dari tahun 2008), hal ini seiring dengan harga sahamnya di Berkshire Hathaway yang turun hampir 50%. Sedangkan nomor tiga orang terkaya didunia tetap titan telekomunikasi Mexico dengan kekayaan $ 35 milyar atau turun $ 25 milyar dari tahun sebelumnya.
Berikut daftar 10 orang terkaya di dunia 2009 :
1. William Gates III
2. Warren Buffett
3. Carlos Slim HelĂș
4. Lawrence Ellison
5. Ingvar Kamprad
6. Karl Albrecht
7. Mukesh Ambani
8. Lakshmi Mittal
9. Theo Albrecht
10 Amancio Ortega

Berdasarkan laporan Forbes tahun 2009, komposisi orang kaya Indonesia berkurang menjadi tinggal 5 orang. Meskipun masih didominasi oleh pemain lama, tetapi komposisinya berubah. R. Budi Hartono dan adiknya Michael Hartono berada di posisi pertama orang terkaya di Indonesia (urutan 430 dunia). Disusul dengan Sukanto Tanoto (450 dunia), Martua Sitorus (522 dunia), dan Peter Sondakh (701 dunia). Berikut profil para milyuner Indonesia tahun 2009 adalah :

An Para Milyuner Indonesia 2009
1. dan 2. Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono (urutan 430 dunia)
Kekayaan bersih : $ 1,7 milyar (masing-masing)
Group : Djarum
Bisnis : Industri rokok, bank, properti, elektronik, dsb.
Usia : 69 tahun
Tempat tinggal : Indonesia

Dua taipan bersaudara ini secara rutin masuk daftar orang-orang kaya dunia dan Indonesia. Tahun ini, krisis juga mempengaruhi bisnis mereka, akan tetapi mereka masih cukup kuat dan tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia tahun 2009 ini. Mereka berdua berhasil mengembangkan Djarum dari perusahan industri rokok, menjadi sebuah group yang merambah banyak sektor. Djarum dimulai oleh orang tua mereka Oei Wie Gwan tahun 1950 dari industri rokok rumahan. Setelah Oei Wie Gwan meninggal Hartono bersaudara ini mampu mengembangkan bisnis rokok kreteknya menjadi terbesar kedua setelah group Gudang Garam. Sekarang mereka merambah bidang lain dan sukses. Di bidang perbankan yang menyumbang banyak kekayaan, mereka memiliki saham mayoritas di BCA (47,5%), melalui Farindo Investment Ltd (Hartono bersaudara menguasai 92,18% Farindo). Setidaknya mereka sekarang memiliki 51 anak usaha. Project prestisiusnya terbaru adalah Grand Indonesia, sebuah komplek shopping mall, komplek hotel dan tempat tinggal.

3. Sukanto Tanoto (urutan 450 dunia)
Kekayaan bersih : $ 1,6 milyar.
Group : Rajawali Garuda Mas
Bisnis : Pulp dan kertas, CPO, sumber energi
Usia : 59 tahun
Tempat tinggal : Singapura

Sukanto Tanoto (Tan Kang Hoo) ini adalah juga langganan orang kaya versi Forbes. Urutannya sebagai orang terkaya di Indonesia bergeser terus naik turun. Tahun 2009 ini dia berada di urutan nomer 3 orang terkaya di Indonesia. Sukanto Tanoto masih tercatat sebagai WNI akan tetapi tinggal di Singapura, setelah terkait kasus BLBI. Taipan ini juga merasakan efek krisis dunia. Kekayaannya turun dari USD 4,7 milyar, 2 tahun yang lalu. Menjadi USD 2 milyar tahun 2008, dan sekarang tinggal $1,6 milyar. Bisnis utama di April Pulp and Paper, serta Asian Agri mengalami pukulan dengan turunnya harga komoditas dunia. Sukanto Tanoto adalah putra sulung dari tujuh bersaudara. Dia meninggalkan bangku sekolah pada usia 17 tahun untuk bekerja di perusahaan bapaknya.

4. Martua Sitorus (urutan 522 dunia)
Kekayaan bersih : $ 1,4 milyar.
Group : Wilmar Internasional
Bisnis : Agriculture
Usia : 49 tahun
Tempat tinggal : Singapura

Martua Sitorus beruntung tahun 2009 ini, kekayaannya naik dari $ 1,3 milyar, meskipun saham Wilmar turun tinggal setengahnya. Pendidikan dasarnya adalah ekonomi dan berjualan udang ketika masih kuliah. Belakangan dia mendirikan perusahaan agrobisnis Wilmar Internasional bersama dengan saudara keponakaannya, seorang konglomerat Malaysia, Robert Kuok. Dan kemudia di tahun 2007 dimerger dengan perusahaan Robert Kuok menjadikan Wilmar Internasional produsen minyak goreng terbesar di Asia. Martua Sitorus masih memegang 10% saham Wilmar Internasional.

5. Peter Sondakh (urutan 701 dunia)
Kekayaan bersih : $ 1 milyar.
Group : Rajawali
Bisnis : telekomunikasi, keperluan rumah tangga, transportasi, perhotelan
Usia : 57 tahun
Tempat tinggal : Indonesia

Pengusaha satu ini kekayaannya relatif tetap, tidak terlalu terpengaruh oleh krisis global. Bos Group Rajawali ini mengusai bisnis yang relatif tersebar. Groupnya menguasai Taxi Express, terbesar kedua di Indonesia. Dia memiliki juga bagian di Semen Gresik, dan menjual sahamnya di Excelcomindo lebih dari $ 400 juta tahun 2007. Groupnya juga bekerja sama dengan pemerintah Kamboja untuk mengembangkan armada pesawat terbang nasional. Memiliki St. Regis hotel di Bali dan rumah liburan di Beverly Hill.

Itulah profil para konglomerat Indonesia (meskipun 2 orang tinggal di Singapura ?!)

Baca Juga Artikel Ini



0 komentar:

Posting Komentar

DEN MAS YOGA © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute