Nggosip Bisa Bikin Hidup Sehat..??

Kabar baik buat Anda yang suka bergosip. Kegiatan mengobrol yang selalu diidentikan dengan kaum perempuan ini ternyata baik buat kesehatan. Menurut riset di Amerika Serikat, perempuan akan merasa bahagia dan sehat jika mereka menikmati obrolannya dengan sesama teman perempuannya. Kegiatan tersebut terbukti dapat mengurangi tingkat stres dan rasa cemas berlebih.

Tim ilmuwan dari University of Michigan menyebutkan bahwa mengobrol atau bergosip mampu meningkatkan hormon progesterone yang dihasilkan tubuh. Dimana hormon tersebut berperan penting bagi seseorang dalam melakukan interaksi sosial.


Menurut pemimpin penelitian, Professor Stephanie Brown, Progesteron adalah hormon yang dihasilkan dalam indung telur perempuan. Hormon ini membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan, melawan infeksi dan menghentikan kelebihan produksi hormon oestrogen yang diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit kanker.

Riset ini dilakukan dengan cara mengambil sampel air liur dari 160 responden perempuan, untuk diperiksa tingkat hormon progesteronnya dalam tubuh mereka. Setelah itu responden akan saling dipasangkan dengan sesama responden lainnya. Sebagian dari responden kemudian diberikan beberapa pertanyaan yang harus dilontarkan kepada responden lainnya agar mereka bisa saling dekat dan berinteraksi. Dua puluh menit kemudian, tim peneliti kembali mengecek tingkat hormon responden.

Hasil riset yang telah dipublikasikan dalam jurnal Hormones and Behaviour ini menunjukan bahwa responden yang terlibat percakapan dengan pasangannya menunjukan tingkat progesteron yang stabil dan bahkan cenderung meningkat. Sementara pada kelompok lain yang tidak terlibat percakapan, hormon tersebut malah terlihat menurun.

“Hasil ini dapat membantu kita dalam memahami mengapa orang-orang yang memiliki hubungan dekat dan akrab akan terlihat begitu bahagia, sehat dan hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang kehidupan sosialnya terisolasi,” ungkap Prof. Stephanie.

http://www.conectique.com/get_updated/article.php?article_id=7686

Baca Juga Artikel Ini



0 komentar:

Posting Komentar

DEN MAS YOGA © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute