5 CARA MENGUBAH PRESENTASI ANDA MENJADI LEBIH EFFEKTIF


Anda pernah memberikan presentasi? Mungkin meski anda telah melakukannya bertahun-tahun, tetap saja anda akan berdebar grogi jika diminta untuk memberikan presentasi. Mungkin selama ini cara presentasi anda sangat biasa dan tradional. Berikut apa yang saya dapatkan dari www.mikeshea.net; 5 tips agar presentasi anda effektif.


PUNYA MAKSUD DAN TUJUAN
Presentasi informative adalah omong kosong. Bacalah sebuah makalah. Jangan habiskan waktu audiens anda dengan segudang informasi Arahkan pikiran mereka kepada sesuatu, yakinkan mereka dengan sesuatu itu dengan demikian akan membuat mereka melakukan sesuatu itu sebab presentasi mesti menghasilkan aksi. Kebanyakan presentasi gagal mempengaruhi audiens untuk berbuat, hanya memberikan kebosanan pada mereka. Karenanya, ajarkan audiens anda sesuatu yang dapat merubah hidup mereka.
Tentukan tujuan presentasi anda dengan sebuah kalimat tunggal yang sederhana. Apa yang anda ingin para audien lakukan? Apa yang ingin anda sempurnakan dengan presentasi anda? Apa tujuannya? Sederhanakan presentasi anda, milikilah tujuan dan maksud, arahkan audiens untuk melakukan sesuatu, jangan hanya mengatakan kepada mereka sesuatu, tetapi buat mereka melakukan sesatu dari presentasi anda.

KENALI TOPIK PRESENTASI ANDA
Banyak presenter menghabiskan waktu dengan membolak-balik slide mereka ketimbang mempelajari topic presentasi mereka. Gunakan waktu anda untuk mengetahui topic. Bangunlah rasa ingin tahu pada audiens tentang hal yang sedang anda bicarakan. Jika hal itu sulit, temukan bagian dari presentasi anda yang membuat audiens penasaran dan fokuskan pada bagian itu. Jika tetap tidak ada, pertimbangkan untuk presentasikan hal lain.

MINIMALKAN SLIDE
Tidak ada yg lebih buruk daripada slide yang berantakan. Semua presenter bisnis tahu itu. Slide yang sangat besar berisikan teks atau berisikan grafik alur organisasi atau alur kerja tidak akan di baca audiens. Semestinya dipecat saja seorang presentator yang menyuguhkan satu slide berisikan “pemandangan grafik” atau seorang presentator yang mengatakan, “Saya tahu, anda tidak dapat membacanya”.
Minimalnya jumlah slide akan selalu lebih baik. Batasi kata-kata pada sebauh slide di bawah 10. Fokuskan pada topic pembicaraan atau gunakan gambar resolusi tinggi untuk membuat sebuah poinbt perhatian. Jangan penuhi slide dengan tulisan, karena perhatian audiens akan terpecah pada pembicaraan anda atau membaca slide.
Seperti banyak hal dalam kehidupan, teruskalah sederhanakan dan buang segasla hal yang bisa dihapus dari slide anda. Logo yang berlebihan, grafik-grafik yang tidak perlu, teks yang tidak dibutuhkan, gak usah ragu, buang saja semuanya.
Jika kesemua itu tidak bisa anda buang, jangan gunakan slide. Sebagai gantinya, berikan pada audiens lembaran yang merangkum pembicaraan anda atau secarik kertas yang menjelaskan tema presentasianda. Lembaran rangkuman presentasi lebih berguna daripada slide, sebab slide hanya bisa diingat, sementara catatan rangkuman bisa mereka bawa pulang.

LATIHAN
Baca presentasi anda keras-keras, sesering mungkin. Makin sering anda lakukan, kelak ketika presentasi sungguhan anda akan terlihat lebih baik dan lebih natural. Latihan ini bukan bertujuan menghafal. Kenali setiap struktur naskah, alur dan fokus anda adalah tujuan utama latihan ini. Seperti mengenali topik presentasi, habiskan waktu anda untuk latihan persiapan presentasi daripada berkutat dengan powerpoint.

TEPAT WAKTU
Tidak ada yang lebih buruk daripada seorang presenter yang tidak bisa menutup mulutnya. Lewat beberapa menit saja presentasi anda dari waktu yang telah ditentukan, hal itu adalah membuang satu menit waktu diskusi dari setiap. Jika anda memberikan presentasi kepada satu grup berisi 20 orang dan anda melebihkan 5 menit, anda telah membuang waktu 2 jam mereka untuk diskusi. Tepat waktu atau kurang dari waktu yang ditentukan adalah lebih baik, selesaikan presesantasi anda lebih awal. Jangan abaikan pertanyaan dari audiens, para audiens mesti selalu punya pertanyaan. Potong setengah dari waktu presentasi yang anda miliki dan cobalah untuk mengakhiri presentasi anda dalam setengah waktu sisanya. Jika anda punya waktu 30 menit, silahkan berlatih agar bisa selesai dalam 15 menit.
Diadaptasi dari: www.mikeshea.net

http://masbadar.wordpress.com/2009/06/05/5-cara-effektif-presentasi/

Baca Juga Artikel Ini



0 komentar:

Posting Komentar

DEN MAS YOGA © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute